Sabtu, 29 Maret 2008

Kreativitas dan PNS

Kreativitas bukanlah sebuah bakat/gift, kreativitas ada dalam diri setiap orang sedari bayi. Kreativitas juga bukan hanya milik para seniman, semua orang dalam setiap profesi juga bisa berkreasi, tidak terkecuali seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pada dasarnya kreativitas dapat tumbuh dalam setiap organisasi sejauh organisasi dapat menghargai dan mendorong individu dalam organisasi untuk berkreasi.
Berikut saya ingin berbagi tips bagaimana cara kita dapat menumbuhkan kembali daya kreativitas yang ada dalam diri kita (disimpulkan dari beberapa pendapat para ahli):

  1. Berimajinasi (berkhayal, menjelajah pikiran), tapi bukan yang jorok-jorok loh....yang dimaksudkan disini adalah mengembangkan pemikiran kita secara bebas dalam alam maya, tentunya tentang pekerjaan kita.
  2. Bersosialisasi (jalan keluar menikmati pemandangan), seseorang yang rajin bersosialisasi akan melihat dan mengetahui banyak hal.
  3. Rajin membaca dan menambah pengetahuan (baik buku, koran, tabloid, internet, menonton dan mendengar radio
  4. Berani melanggar peraturan dan berani berbuat salah (berfikir tidak mengikuti mainstream dan hindari berpikir stereotype), tapi untuk kepentingan dan hasil yang positif
  5. Percaya diri (pantang menyerah, bermental baja), hal ini sangat penting.
  6. Makan makanan yang bergizi.

Sementara hambatan yang ada yang dapat menghambat daya kreatif seorang PNS adalah:

  1. Kemalasan mental
  2. Rasa puas yang berlebihan (rasa aman akan situasi pribadinya)
  3. Birokrasi dan Sistem pendidikan
  4. Stereotyping
Hambatan terbesar bagi seorang PNS dalam menumbuhkan kreativitas adalah faktor organisasi tempatnya bekerja... Dalam era kreativitas sekarang ini, kondisi sekarang merupakan PR bagi Pemerintah untuk dapat merubah struktur dan cara kerja organisasi Pemerintahan, karena jika tidak maka organisasi Pemerintah dapat tertinggal jauh dengan perkembangan Jaman, sangat disarankan Pemerintah segera mengaplikasi Struktur Organisasi "Hypertext Organization" yang dapat bersifat dinamis terhadap perkembangan dan perubahan lingkungan serta menjadi Organisasi Pembelajaran (Learning Organization)...

Tidak ada komentar: